Cegah Corona, Polisi di Tuban Serentak Bersih-Bersih

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Polres Tuban gerak cepat melaksanakan kegiatan aksi bersih-bersih di sejumlah tempat Fasilitas Umum (Fasum), Sabtu (14/3/2020).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono dengan melibatkan anggota Polres Tuban, Dinkes, TNI serta dari berbagai elemen masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengajak kepada semua masyarakat untuk untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola hidup sehat.

"Melalui gerakan Aksi bersih-bersih secara serentak ini, kami mengajak masyarakat Bumi Wali untuk berpartisipasi mencegah penyebaran virus corona dengan cara menjaga kebersihan diri maupun lingkungan," terang Kapolres Tuban.

Menurutnya, kegiatan yang di gagas oleh Polres Tuban ini juga merupakan suatu opsi untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Dimana dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat atas berita yang kini menjadi pembahasan publik terkait Virus Corona.

"Kami imbau masyarakat jangan terpengaruh isu-isu hoax tentang virus corona agar tidak timbul kekhawatiran yang berlebihan,” ungkap AKBP Ruruh.

Lebih lanjut, tak hanya di tempat-tempat fasilitas umum. Aksi bersih-bersih yang juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polsek bersama Forkopimka ini juga menyasar di tempat Ibadah, Asrama Polisi juga Mako.

Selain itu juga di tempat-tempat sampah dengan menyemprotkan cairan desinfektan oleh Dinkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Bojonegoro.

Sementara itu, Kasi P2M Dinkes Tuban Agus Waskito menyampaikan untuk antisipasi langkah yang harus dilakukan diantaranya adalah menerapkan perilaku pola hidup sehat dengan cara cuci tangan dengan air bersih, batuk dan berdahak agar menutut mulut.

"Apabila kesehatan agak terganggu pakailah masker penutup hidung dan mulut, dengan harapan langkah ini setidaknya bisa menekan penyebaran virus tersebut," pungkas Agus.[hud/col]