Harga Gula Pasir di Tuban Melonjak Tajam, Tembus Rp16.500 Perkilogram

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga gula pasir di Pasar Baru Tuban dua pekan terakhir ini mengalami lonjakan tajam. Harga kebutuhan pokok tersebut tembus hingga Rp16,500 perkilogram, Selasa (10/3/2020).

Salah satu pedagang di pasar baru Tuban, Bu Tik mengatakan, harga kebutuhan pokok gula pasir mengalami kenaikan sejak sekitar dua minggu ini. Kenaikan itu terjadi bertahap, mulai dari Rp12,5 ribu, Rp14,5 ribu hingga Rp16,5 ribu.

"Sudah sekitar dua minggu ini harga gula pasir naik," terang pedagang asal Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak tersebut.

Lebih lanjut, Bu Tik mengaku tidak tau pasti faktor yang menyebabkan harga gula pasir naik. Sebab, sampai saat ini stok gula pasir juga masih mudah didapat. "Stok gula pasir saat ini masih juga mudah," jelasnya.

Pedagang lain, Nurul juga mengungkapkan hal yang sama jika beberapa hari ini harga gula pasir naik. Selain itu, harga gula pasir, gula jawa (Merah), kacang ijo serta beras ketan juga naik.

"Harga gula jawa juga naik, biasanya hanya Rp11 ribu, sekarang menjadi Rp15 ribu," imbuh Nurul.

Sementara itu, Kepala Dinas Perekonomian Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban Agus Wijaya membenarkan harga gula pasir beberapa hari ini mengalami kenaikan. "Benar harga gula pasir naik, dan saat ini masih dievaluasi," pungkas Agus.[hud/ito]