Kenapa Bayi Baru Lahir Tidur di Siang Hari dan Bangun di Malam Hari?

Reporter: -

blokTuban.com - Kehadiran bayi baru lahir tentunya akan mengubah aktivitas Anda sehari-hari. Misalnya saja, bila Anda biasanya tidur pulas di malam hari, kini setelah kehadiran si kecil, Anda mungkin akan sering terbangun, Moms.

Ya, sebagian besar bayi baru lahir umumnya akan sering tidur di siang hari. Sementara di malam hari, ia akan terjaga. Kenapa begitu, ya?

Dilansir Today Parents, sebenarnya hal ini normal terjadi. Menurut konsultan tidur anak, Alanna McGinn, bayi yang tidur sepanjang siang dan bangun di malam hari dikarenakan ia belum mampu mengembangkan ritme aktivitas istirahat.

“Jam ini mendorong ritme sirkadian dan menciptakan mekanisme internal yang membuatnya lebih terjaga di malam hari dan lebih lelah di siang hari,” jelasnya.

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam berkaitan dengan produksi melatonin. Jadi, jam biologis akan memberi tahu otak untuk memproduksi melatonin di malam hari sehingga kita jadi mengantuk.

Nah Moms, karena si kecil belum memiliki ritme sirkadian ini, tubuhnya belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga membuat pola tidurnya belum teratur. Meski begitu, bayi baru lahir memang butuh jam tidur yang panjang, National Sleep Foundation, merekomendasikan bayi baru lahir untuk tidur 14-17 jam per hari.

Lebih lanjut, dokter anak di St. John's, Nfld., Kanada, Leigh Anne Newhook berujar bahwa selama 6 sampai 8 minggu pertama kehidupannya, bayi memang akan mengalami gangguan jam tidur. Pemberian makan jadi faktor utamanya karena ukuran perut bayi baru lahir masih sangat kecil sehingga merasa cepat lapar. Selain itu, setelah diberi ASI, si kecil biasanya juga akan mengantuk.

Tidak bisa dipungkiri, karena jam tidur bayi yang berlawanan dengan jam tidur Anda, lambat laun tubuh Anda pun bisa lelah karena kurang tidur. Karenanya McGinn menyarankan agar bayi diajak bermain di siang hari, sementara di malam hari, buatlah suasana menjadi gelap dan tenang.

"Biarkan bayi Anda terpapar sinar matahari dan kebisingan di siang hari, bahkan saat dia tidur. Di malam hari, matikan lampu dan jaga tetap tenang, ”katanya.

Meski begitu, membuat pola tidur bayi bisa normal tak bisa instan, Moms. Ingat, bayi juga butuh waktu untuk mengatur jam tidurnya. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk ikut bayi tidur di siang hari agar Anda bisa beristirahat.

*Sumber: kumparan.com