ASN Memihak di Pilkada, Siap-siap Dipecat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 100 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi dilantik pada akhir Februari 2020. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Tuban Tuban, Joko Sarwono menyatakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota PPK sangat luar biasa, Minggu (1/3/2020).

"PPK menjadi ujung tombak penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Tuban tahun ini," terang Joko.

Joko Sarwono yakin anggota PPK akan bekerja sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Pihaknya meminta agar anggota PPK untuk meningkatkan kapasitas dirinya dalam memahami, mengerti dan mengaplikasikan semua regulasi dan aturan hukum yang digunakan.

“Segera berkoordinasi dengan Camat dan Forkopimka di masing-masing wilayah,” pintanya.

Joko Sarwono menegaskan seluruh ASN Pemkab Tuban harus bersikap netral. Tidak hanya itu, ASN Pemkab Tuban yang bertugas di KPU juga diminta menjalankan tugasnya dengan profesional dan tidak memihak.

“Jika ada ASN yang melanggar peraturan akan dikenai sanksi hingga pemberhentian,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan menjelaskan usai pelantikan ini anggota PPK akan langsung bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Anggota PPK segera berkoordinasi untuk menentukan Ketua dan pengurusnya.

“Saat ini juga tengah dilakukan tahapan pembentukan PPS,” sambungnya.

Fatkul Iksan berharap anggota PPK dapat bekerja dengan mandiri, profesional, netral, dan sesuai peraturan yang berlaku. Tidak hanya itu, setiap anggota PPK diharuskan menjaga marwah dan integritas KPU sebagai penyelenggara pemilu. [ali/ito]