Pemkab Target Nol Stunting di Tuban

 

 

Reporter: M. Anang Febri

 

blokTuban.com - Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Sejak usia dini, merupakan upaya sigap yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Tuban dalam menyambut persiapan calon pemimpin masa depan.

 

Sehubungan dengan itu, perihal kesehatan gizi pada anak yang begitu penting yakni stunting, terus dipantau khusus oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Dengan target zero stunting, memberantas penyakit gizi pada anak.

 

"Kita memastikan stunting yang ditargetkan harus nol. Yang sekarang angkanya sudah 17 koma sekian," kata Bupati Tuban, H. Fathul Huda ketika mengunjungi Taman Pendidikan Quran (TPQ) Tasyakur Desa Sunberagung, Kecamatan Rengel.

 

Bupati menambahkan, meski angka stunting di Bumi Wali sudah jauh dibawah standart Nasional, yakni 18 persen, pihaknya juga ingin memastikan kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan anak.

 

"Memastikan kesadaran masyarakat, kemudian respon dari Dinas Kesehatan seperti apa, sebab stunting itu dipastikan seperti apa" lengkap Bupati Tuban.

 

Hasilnya, stunting atau kurang gizi, disebabkan bukan karena faktor ekonomi. Faktor dominan berasal dari lingkungan, juga gen bawaan lahir anak tersebut.

 

Perihal perkembangan anak, bisa juga dipantau dengan kegiatan bina karakter keagamaan melalui pembelajarannya di TPQ. Yang mana TPQ termasuk program Nasional guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM), maka SDM harus dibangun sejak dini.

 

"Tidak ada bedanya dengan stunting tadi. Maka, kita memastikan TPQ ini infrastrukturnya sudah memadai atau belum. Kemudian, partisipasi masyarakat. Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk membangun SDM mulai dini itu luar biasa.

 

"Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat, pada tokoh-tokoh dan sesepuh," tandas Bupati Tuban kepada blokTuban.com, Jumat (28/2/2020). [feb/col]