ExxonMobil bersama Kopernik Luncurkan Program Ibu Inspirasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - ExxonMobil bersama dengan Kopernik meluncurkan program Ibu Inspirasi 2020 di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Peluncuran program ini digelar di salah satu rumah makan di Jalan Basuki Rahmat Tuban, Rabu (26/2/2020).

Program ibu inspirasi dilakukan oleh Kopernik bersama dengan EMCL untuk menginspirasi dan meningkatkan motivasi para ibu untuk berwirausaha dalam menjaga lingkungan.

Diikuti oleh 42 Ibu inspirasi dari Bojonegoro dan Tuban, kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Bidang Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup dan Perwakilan Dinas Perdagangan.

Kopernik sudah bekerja sama dengan ExxonMobil untuk menggarap program Ibu Inspirasi. Direktur Program, Noni Kaban menyatakan, program ini dilaksanakan untuk membantu para ibu memetakan kelemahan dan kelebihan usaha mereka.

"Program ini tak hanya sekadar kolaborasi dengan ExxonMobil namun juga didukung oleh pemerintah, harapannya semakin banyak ibu rumah tangga yang mandiri," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya menyatakan Pemkab siap untuk memfasilitasi program ini. Sekaligus siap bersinergi dalam mendukung ekonomi kreatif.

"Kami akan bantu pemasaran dan promosi," sambungnya.

Dalam rangka menyambut hari peduli sampah nasional, ibu inspirasi diajarkan untuk berwirausaha dengan memperhatikan lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kerajinan dari sampah yang dapat di daur ulang atau meminimalisir sampah.

Program kopernik dalam pengembangan usaha telah dimulai sejak 2017. Noni kemudian memperkenalkan program apa saja yang sudah dikerjakan oleh Kopernik kepada para ibu. Dijelaskan pula pencapaian yang telah diraih dari program Ibu Inspirasi ini.

Sementara Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Hasti Asih menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung kemandirian pada para ibu. Peningkatan kapasitas dalam peluncuran program ini diharapkan dapat mewujudkan kemandirian perempuan.

"Program ini adalah komitmen ExxonMobil dalam mendukung masyarakat di sekitar wilayah operasinya untuk terus berkembang dan maju," tandasnya. [ali/col]