Disnakertrans Jatim Launching Kartu Pra Kerja April 2020

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Salah satu program Pemerintah pusat yaitu kartu pra-kerja. Kartu ini adalah akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan sesuai dengan kebutuhan.

"Kartu ini direncanakan akan launching pada april 2020, dan Disnakertrans Provinsi Jatim sudah siap untuk melaksanakan program ini," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo saat membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di Aula Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Tuban, Rabu (26/2/2020).

Seluruh perusahaan di Jawa Timur saat ini, lanjut Himawan memiliki kewajiban menampung tenaga kerja berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Terdapat peraturan yang mewajibakannya, dengan tujuan menyejahterakan masyarakat dalam porsi sama.

"Ini mandat langsung dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sehingga semua bisa ikut kegiatan ini," imbuhnya.

Di Jawa Timur pelatihan kepada calon tenaga kerja sangat diperhatikan. Keberhasilan kegiatan tersebut akan dipantau dengan melihat berapa persen lulusan yang terserap di pasar kerja.

"Nanti kita cek berapa yang mendapatkan pekerjaan setelah mengikuti pelatihan ini," tambahnya.

Tujuan dari PBK sendiri adalah untuk memberikan keterampilan kerja bagi masyarakat terutama di wilayah Tuban dan sekitarnya. Khususnya pencari kerja yang bertujuan untuk menciptakan SDA yang terampil dan kompeten.

Dengan harapan mereka dapat bekerja dengan baik di Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI). Sekaligus memberi kesempatan pada teman-teman disabilitas yang memerlukan perhatian.

"Sehingga memberikan kesempatan mereka untuk berkarya dan berwirausaha mandiri secara profesional pasca PBK," bebernya.

Sementara itu, Kepala UPT BLK Tuban, Siswanto menyatakan, dalam pelatihan di UPT BLK Tuban kali ini terdapat 14 jenis paket pelatihan yang diikuti 226 peserta, 18 diantaranya penyandang disabilitas.

Pelaksanaan PBK dimulai tgl 25 Februari sampai dengan selesai, mengingat durasi waktu pelatihan dari APBN yang berbeda-beda dengan Sumber dana berasal dari APBD Prov Jatim tahun anggaran 2020 dan APBN melalui BLK Surakarta tahun 2020.

PBK menjadi proses bagi para peserta untuk mempunyai keterampilan berbasis pengetahuan. Pentingnya skill based on knowledge, dapat menjadikan para peserta menjadi professional. Karena keterampilan untuk diri sendiri belum cukup untuk berkarya.

"Setiap orang harus memiliki skill based on knowledge untuk disalurkan kepada orang lain agar lebih bermanfaat," tandasnya. [ali/rom]