Wisata Petik Madu di Tuban, Pengunjung Gratis Mencicipi Madu Dari Sarangnya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bagi anda yang sedang berlibur di Bumi Wali Kabupaten Tuban, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi tempat wisata Edukasi Petik Madu Lebah langsung dari sarangnya.

Wisata dengan suasana baru dan menantang ini berada di kawasan Hutan Jati Peteng, Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban atau  berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Tuban.

Pantauan blokTuban.com, di tempat wisata tersebut para pengunjung bisa melihat langsung peternakan lebah, proses memanen madu serta mencicipi madu asli dari sarangnya tanpa dipungut biaya.

"Di sini kalau pengunjung mau ikut memanen atau berani ikut memanen dipersilahkan. Namun apabila hanya mau mencicipi madu asli silahkan sepuasnya gratis," terang salah satu peternak madu, Waluyo (41).

Pria asal Pati ini juga menegaskan, proses pemanenan madu murni atau Multifora ini dilakukan tergantung dengan musim serta kondisi lebah. Apabila seperti pada bulan Juni nanti bisa antara 10-12 hari panen.

"Untuk proses pemanenan madu tergantung dengan cuaca bila cuacanya bagus pemanenan bisa dilakukan lebih cepat," imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tuban Mukkafi Makki yang meninjau lokasi mengatakan, wisata petik madu ini merupakan salah satu kegiatan peningkatan ekonomi di masyarakat. Sesuai dengan Undang-undang Nomer 41 tahun 1999 tentang pemanfaatan hutan untuk lingkungan masyarakat sekitar.

"Ini merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang perlu kita support dan kita dukung," terang Gus Kafi sapaan akrabnya.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan lebih meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat serta akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait dengan peningkatan ekonomi yang ada di masyarakat, khususnya masyarakat Tuban.

Sebatas diketahui, saat libur akhir pekan pengunjung baik lokal maupun luar daerah terus berdatangan. Mereka datang untuk menikmati suasana baru wisata Petik Madu Lebah dari peternaknya langsung.[hud/ito]