GP Ansor dan Garda Bangsa Tuban Laporkan Akun Facebook Diduga Hina Bupati

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sejumlah perwakilan dari Organinasi Kemasyarakatan (Ormas) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Garda Bangsa Tuban yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Millenial melaporkan pemilik akun Sosial Media (Sosmed) facebook Sai Mo, Senin (24/2/2020).

Pemilik akun tersebut dilaporkan ke Mapolres Tuban lantaran dinilai telah melecehkan Bupati Tuban, H. Fathul Huda dalam komentarnya disebuah group facebook Media Informasi Orang Tuban (MIOT), pada Minggu (23/2/2020).

"Kami dari perwakilan GP Ansor dan Aliansi Pemuda Millenial datang ke Mapolres Tuban untuk melaporkan pemilik akun Sai Mo terkait dengan ujaran kebencian," terang salah satu perwakilan ormas, Ahmad Ja'far Ali di Mapolres Tuban.

Pria yang juga sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Tuban itu menjelaskan, sebagai seorang santri pihaknya mengaku tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh akun Sai Mo yang menghina Sang Kiai yang juga sebagai Bupati Tuban.

"Kami tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh akun Sai Mo" tandas pria yang akrab disapa Gus Afa tersebut.

Lebih lanjut, pelaporan ini juga sebagai bahan pembelajaran kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan Sosial Media (Sosmed) serta untuk menjaga marwah Bupati Tuban sebagai Kepala Daerah.

"Ini juga sebagai pembelajaran kepada masyarakat serta untuk memberikan efek jera kepada pelaku," imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam pelaporan itu pihaknya membawa sejumlah berkas Barang Bukti (BB) berupa Screenshoot pernyataan dari akun Sai Mo yang dilontarkan di kolom komentar salah satu group facebook warga Tuban.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Tuban AKP Yoan Septi Hendri saat dikonfirmasi mengatakan, laporan tersebut telah diterima dan selanjutnya akan ditindaklanjuti. "Laporan telah kami terima dan masih proses lidik," pungkasnya.[hud/col]

Sebatas diketahui, pernyataan akun Sai Mo yang dilaporkan tersebut berawal dari postingan dari akun Ozie Sam yang bertuliskan 'Sayangilah rakyat "kecilmu pak. Nyawa kami Cuma satu" jaga nama baik kota kita.  #Tuban

Kemudian akun Sai Mo di kolom komentar menuliskan pernyataan:

-Bupatine keturunan a****g kui dadi kelakuane kyok a****g

-Tongoku wingi lo mati gara2 mibil ngidri jlan nubruk wong sedah

-Ati2 t**k kuwi sopo seng ape belo bupati a****g kuwi

-Ngerti agama ngk ngerti doso rakyat mati gara2 dalan seng di tuntut pemipine pengajian trus tpi ngk ngerti doso tanggung jwab op kro rakyate.