Ada 10 Titik Kerusakan di Jalan Widang-Tuban, Begini Komitmen PPK 4.5

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Musim hujan dan jalan rusak merupakan satu kesatuan yang setiap tahun biasa dijumpai di Kabupaten Tuban. Di awal 2020 ini, ada 10 titik jalan berlubang di ruas jalan nasional Widang-Tuban, Senin (24/2/2020).

Hal itu diungkan Hendi selaku Staf Teknik PPK 4.5 Satker Wilayah 4 Jawa Timur Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, dalam sidak jalan rusak di sekitar jembatan Kepet. Hadir pula Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Edi Kartono, sejumlah pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban.

"Pertengahan Maret 2020 proses lelang. Mudah-mudahan lekas diperbaiki kerusakan ini," terang Hendi kepada blokTuban.com.

Ada 10 titik kerusakan jalan di bawah nanungan PPK 4.5 di wilayah Kabupaten Tuban. Mulai dari Jalan Teuku Umar, Dr. Wahidin Sudirohusodo, Gajah Mada, Cokroaminoto-Kepet, dan ruas Kepet-Widang.

Proses lelang terus berjalan, dan di akhir Maret diharapkan bisa ditambal untuk jalan berlubang.

Sementara Edi Kartono meminta kepada PPK 4.5 untuk memprioritaskan 10 titik yang lubang untuk ditambal. Untuk jalan yang rusak tapi tidak berlubang, bisa menjadi prioritas kedua.

Di hari yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tuban, Agung Supriyadi, Kabag Umum Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Suwito, Pejabat Pengambil Komitmen (PPK) 4.4 Bulu-Tuban- Sadang, Siska Yofina dan sejumlah pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tuban inspeksi mendadak (sidak) jalan rusak di kawasan Jati Peteng Kecamatan Jenu.

Peninjauan ini menindaklanjuti keluhan masyarakat pengguna jalan belakangan ini. Sekaligus respon cepat atas ujaran kebencian netizen di media sosial kepada Bupati Tuban, Fathul Huda.

Siska Yofina mengatakan mulai tahun 2019 anggaran perawatan rutin jalan nasional mulai Perbatasan Tuban-Rembang sampai Lamongan-Gresik tidak ada.

"Solusi perbaikan jalan yang rusak hanya menunggu proses lelang," terang Siska.

Untuk lelang tahun 2020 ini, lanjut Siska paling cepat dilakukan akhir Februari atau awal Maret. Pantauan PPK 4.4 ada tiga titik jalan yang harus segera diperbaiki. Tidak menutup kemungkinan lokasi perbaikan akan ditambah sesuai kondisi di lapangan. [ali/ito]