Tanggul Jebol Pucangan Mulai Diperbaiki

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tanggul jebol Avour Suru di Desa Pucangan, Kecamatan Palang saat ini mulai dilakukan perbaikan, Minggu (23/2/2020). Perbaikan tanggul ini, kata Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto melibatkan tim BPBD, PUPR, Kecamatan Palang, dan desa.

"Semoga perbaikan ini segera terselesaikan," terang Yudi.

Reaksi cepat tim BPBD diapresiasi Camat Palang, Rohmat Mustofa. Dalam waktu kurang dari 24 jam, Tim Reaksi Cepar (TRC) sudah langsung ke lokasi, sekaligus memberikan bantuan sesek untuk perbaikan tanggul avour. "Penanganan bencana cukup bagus," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Palang dan sekitarnya membuat tanggul Avour Suru yang berada di Desa Pucangan, Selasa (18/2/2020) jebol. 

Akibat jebolnya tanggul tersebut, puluhan hektar tanaman padi di desa setempat terendam banjir. 

Salah satu relawan Tanggap Bencana (Tagana) Kecamatan Palang, Masnun mengungkapkan, tanggul Sungai Avour ini jebol karena tidak mampu menahan debit air saat hujan deras terjadi.

"Tanggul ini jebol karena intensitas curah hujan tinggi," sambung Masnun sambil menunjukan kondisi tanggul yang jebol waktu itu.

Lebih lanjut dia menambahkan, akibat jebolnya tanggul sepanjang kurang lebih lima meter tersebut, puluhan hektar tanaman padi milik warga yang berada di bantaran sungai terendam banjir. [ali/col]