Setelah Avour Suru, Bendungan Suci di Palang Ikut Jebol

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah bendungan Suci di Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dilaporkan jebol pada Sabtu (22/2/2020) malam. Debit air tinggi setelah hujan lebat, tak sebanding dengan daya tampung DAM besar tersebut.

Kondisi ini langsung dilaporkan Camat Palang, Rohmat Mustofa kepada Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto melalui WAG.

"Mohon bantuannya agar tidak terjadi luapan air lagi dengan menutup bendungan dengan tanah sekitar dengan peralatan bego," terang Camat saat dikonfirmasi blokTuban.com, Minggu (23/2/2020).

Jebolnya bendungan ini, lanjut Camat Rohmat membuat persawahan sekitarnya terdampak. Upaya cepat yang harus dilakukan yaitu dengan menutup titik jebol dengan tanah di sekitarnya.

Beberapa hari sebelumnya, tanggul avour di Desa Pucangan, Kecamatan Palang juga jebol. Sawah yang terdampak paling luas. Selain itu, arus lalu lintas juga melambat.

Untuk wilayah Desa Keradenan dan Pucangan Avour Suru satu sungai, air dari wilayah selatan Semanding dan Ngimbang. Sedangkan kalau Desa Wangun, air berasal dari hutan dan daerah sekitar. [ali/col]