Ini Alasan Ketua DPD PPDI Tuban Pindah Haluan ke DPN PPDI

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tuban, Akhmat Wahyudi mengungkapkan alasanya beralih naungan dari Pengurus Pusat (PP) PPDI ke Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPDI.

Menurutnya, kedua organisasi tersebut sama-sama bagus, karena mempunyai tujuan yang sama, yakni untuk memperjuangkan hak-hak perangkat desa serta ingin meningkatkan kapasitas perangkat desa.

Adapun, kata Wahyudi untuk alasan beralih dari PP PPDI ke DPN PPDI ini lebih kepada kenyamanan dan kecocokan dalam menyampaikan aspirasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, tentang rekomendasi dan perjuangan para perangkat desa.

"Alasan bergabung ke DPN PPDI ini karena adanya kenyamanan dan kecocokan dalam menyampaikan aspirasi kepada pihak-pihak terkait, tentang rekomendasi serta perjuangan kita," terang Wahyudi kepada blokTuban.com.

Selain itu, pria yang juga perangkat desa di Kecamatan Widang tersebut menyampaikan, bergabungnya PPDI Kabupaten Tuban ke DPN PPDI ini merupakan hasil dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke III PPDI Kabupaten Tuban yang dihadiri oleh 18 perwakilan kecamatan. 

"Hasilnya Rakerda, PPDI Kabupaten Tuban memutuskan dan sepakat bahwa PPDI Kabupaten Tuban pindah naungan ke DPN PPDI," jelasnya.

Lebih lanjut, hal ini tidak bisa dikatakan dualisme organisasi perangkat desa di Kabupaten Tuban. Sebab, PP PPDI dan DPN PPDI merupakan dua organisasi yang berbeda serta memiliki struktur yang berbeda pula. 

"Tidak ada kata dualisme, karena kita berada di masing-masing organisasi (rumah) yang berbeda," tandasnya.

Diharapkan hubungan silaturrahim dan kerukunan antar organisasi perangkat desa dan sesama perangkat desa selalu terjalin. Karena dengan kerukunan itu, perangkat desa bisa mensukseskan program dari  Kabupaten (Pemkab) Tuban.[hud/col]