Sudah Dibuka, Baru Satu Orang Mendaftar PPS


Reporter: Nidya Marfis H.

blok Tuban.com - Rekrutmen PPS yang sudah dibuka sejak kemarin, Selasa(18/2/2020) sampai Senin (24/2/2020) nanti. Di Kecamatan Tuban dan di Kecamatan Semanding baru ada satu pelamar.

 Kasi pemerintahan, Kecamatan Semanding, Tolikan mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru menerima satu pelamar untuk anggota PPS.

"Baru ada satu warga asal Kelurahan Karang yang mendaftar PPS,"ungkap Tolikan. Rabu,(19/2/2020).

Hal senada juga diutarakan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Kecamatan Tuban, Witono menjelaskan, baru ada satu warga yang mendaftar menjadi anggota PPS. "Hingga saat ini, baru ada satu warga beliau mendaftar langsung ke KPU,"ujarnya.

Ia menambahkan, sepinya peminat untuk menjadi anggota PPS kemungkinan disebabkan, rasa trauma pada Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif tahun lalu yang memakan waktu cukup lama saat penghitungan surat suara.

"Kemungkinan pada takut kalau nantinya hari H akan lama seperti pemilu legislatif tahun lalu, padahal ini kan beda,"imbuhnya.

Sementara itu, Divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, KPU Tuban, Zakiyatul Munawaroh mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih merekap jumlah pendaftar anggota PPS. Apabila sampai batas yang ditentukan kuota untuk anggota PPS di Kabupaten Tuban belum tercukupi pihaknya akan melakukan penambahan waktu selama tiga hari.

"Kalau kuotanya belum tercukupi akan ada penambahan selama 3 hari ke depan,"tutupnya.

Perlu diketahui, untuk Pemilu Bupati dan wakil Bupati Tuban pada tahun 2020 ini, di setiap desa dibutuhkan tiga orang anggota PPS. [nid/ito]