Studi: Punya Teman Suportif Bikin Perempuan Lebih Sukses dalam Karier

Reporter: -

blokTuban.com - Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review, pekerja perempuan yang dikelilingi teman perempuan yang suportif, memiliki peluang lebih besar untuk sukses dalam karier.

"Perempuan yang memiliki satu sampai tiga teman perempuan yang saling mendukung, 2,5 kali lebih mungkin untuk menduduki jabatan tinggi dan meraih gaji besar," kata peneliti Brian Uzzi, dilansir Times of India.

Salah satu alasannya, karena ia akan mencari saran dari teman perempuannya ketika lagi ada masalah. Sebab, saat seorang perempuan bisa melewati sebuah tantangan, dia dapat memberikan saran lebih baik kepada sesama perempuan yang mengalami masalah sama. Dan ketika seorang perempuan dikelilingi perempuan-perempuan hebat, enggak ada yang bisa menghentikannya.

Selain itu, seorang pekerja yang punya banyak teman kerja perempuan, cenderung lebih jarang mengalami perlakuan seksisme, lebih kreatif, lebih produktif, dan meningkatkan kesetaraan dalam bekerja.

Sebagai atasan, perempuan lebih baik dalam membuat karyawannya merasa terlibat dalam pekerjaan. Penelitian yang dilakukan oleh Gallup ini, mendefinisikan kata-kata 'merasa terlibat' dengan sikap antusias, komitmen, dan aktif dalam lingkungan kerja.

Peneliti mengklaim bahwa karyawan yang bekerja di bawah arahan perempuan merasa lebih sering didukung, mendapat pujian, mendapat perhatian, dan mendapatkan feedback.

Penelitian juga menyebutkan bahwa manajer perempuan lebih baik dalam menetapkan harapan dasar bagi karyawan mereka, membangun hubungan dengan bawahan, mendukung lingkungan yang positif, dan memberikan  kesempatan karyawan untuk berkembang dalam karier.

*Sumber: kumparan.com