Puting Beliung Terjang 26 Rumah di Tuban



Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bencana Hidrometeorologi kembali melanda Kabupaten Tuban tepatnya pada Senin (17/2/2020) sore. Tercatat ada 26 unit rumah terdampak tersebar di dua kecamatan yaitu Soko dan Palang.

Perangkat Desa Menilo, Kecamatan Soko, David menerangkan angin ribut terjadi sekitar pukul 17.13 WIB. Akibat hujan disertai angin menyebabkan pohon tumbang dan sekitar 24 unit rumah terkena dampaknya.

"Satu pohon tumbang sampai menutup badan jalan," terang David kepada blokTuban.com, Selasa (18/2/2020).

Adapun rincian rumah terdampam yaitu, 16 rumah rusak ringan, 4 rumah rusah sedang, dan 4 rumah rusak berat. Untuk pohon langsung dievakuasi seketika okeh Babinsa, Pemdes bersama warga sekitar.

Di waktu yang sama, sekitar pukul 17.30 WIB puting beliung juga melanda Kecamatan Palang tepatnya di Desa Karangagung. Dua unit rumah rusak dindingnya roboh dan genting atapnya rusak.

"Rumah yang terdampak milik Hendri Santoso (32) dan Satdeli (72)," sambung Camat Palang, Rohmat Mustofa terpisah.

Mantan pejabat di Diskoperindag ini, menambahkan kerugian meteril ditaksir kurang lebih Rp18 juta dengan rincian milik Hendri Santoso Rp15 juta dan Satdeli Rp3 juta.

Data keseluruhan dampak puting beliung awal pekan ini masih dikumpulkan oleh tim Jitupasna Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban di lapangan. "Kalau sudah ada laporan valid kita informasikan," tandas Kalaksa BPBD, Yudi Irawan. [ali/ito]