Kades Se-Montong Siap Suskseskan Sensus Penduduk 2020

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban telah memulai Sensus Penduduk tahun 2020 dengan melakukan Rapat Koordinasi ditingkat Kecamatan (Rakorcam), Selasa (18/2/2020).

Kali ini, dengan tema 'Bersama Tingkatkan Sinergi Menuju Satu Data Kependudukan Melalui Partisipasi Aktif Masyarakat di Sensus Penduduk 2020', BPS Tuban melakukan Rakorcam di Pendopo Kantor Kecamatan Montong.

Dalam Rakorcam Sensus Penduduk 2020 tersebut, turut hadir Forkopimka Montong serta seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayah Kecamatan Montong.

Camat Montong Suwoto mengatakan, dalam pelaksanaan Rakorcam tersebut seluruh Kepala Desa siap untuk mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020. Termasuk sensus penduduk online.

"Semua Kades siap mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Dan saya beserta Kades sudah mengawali sensus penduduk online sebagai contoh untuk masyarakat yang lain," terang Camat Montong kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Kepala BPS Tuban, Agus Budi Santoso saat dikonfirmasi mengungkapkan, Rakorcam sensus penduduk 2020 ini merupakan tindak lanjut dari Rakorkab yang dilaksanakan pada (17/2/2020) kemarin.

"Tadi kita melaksanakan Rakorcam di Kecamatan Montong sebagai tindak lanjut dari Rakorkab kemarin," jelas Agus.

Sekadar diketahui, Sensus Penduduk tahun 2020 akan dilakukan dengan dua metode. Pertama, Sensus Penduduk Online pada 15 Februari-31 Maret 2020. Sensus metode ini masyarakat dapat mengisi form yang disediakan di website resmi BPS yaitu www.sensus.bps.go.id.  

Kedua, Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020, metode ini petugas BPS akan mendatangi masyarakat untuk melakukan pencatatan.[hud/col]