Santri TPQ di Tuban Membludak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Keseriusan Pemkab Tuban dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terus diwujudkan. Bupati Tuban, Fathul Huda memulai peninjauan pembangunan TPQ, Ponpes, Madrasah/Sekolah di Kecamatan Senori dan Singgahan. Direncanakan kunjungan serupa akan dilaksanakan di 20 Kecamatan se- Kabupaten Tuban, Sabtu (15/2/2020).

Bupati Tuban menyampaikan apresiasi dan rasa syukur karena banyak masyarakat yang antusias mendaftarkan anaknya untuk belajar Alquran di TPQ. Meskipun kebanyakan  bangunannya kecil tetapi memiliki santri yang banyak.

Bupati Tuban menargetkan hingga tahun 2021 akan dibangun 1000 TPQ baru. Pemkab Tuban siap memberi dukungan pembangunan TPQ sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Alhamdulillah peminat TPQ membeludak," ungkapnya. Tingginya antusias menandakan masyarakat semakin tertarik dan sadar akan pentingnya pendidikan Alquran.

Lebih lanjut, peningkatan sarana prasarana keagamaan dan pendidikan menjadi salah satu langkah Pemkab Tuban untuk membentuk karakter muda yang berakhlak mulia. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Pemkab Tuban untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius.

"Dana hibah yang diserahkan minimal 25 juta per lembaga" tuturnya. Bantuan hibah yang diserahkan ini diharapkan menjadi stimulan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur pendidikan baik formal maupun informal.

Bupati Huda juga memberikan apresiasi kepada pengurus TPQ yang bersemangat membangun TPQ dan mengajar santri. "Apa yang dikerjakan saat ini, semoga menjadi catatan amal ibadah," tandas Bupati. [ali/ito]