Jatirogo Miliki Puskesmas Senilai Rp5 Miliar, Stunting Jadi Perhatian Bupati



Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kecamatan Jatirogo kini memiliki puskesmas baru yang dibangun dari APBD senilai Rp5 miliar. Puskesmas di Desa Sidomulyo ini telah diresmikan Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi Kepala Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu.

Selain itu, Bupati Tuban juga meresmikan Gedung Rawat Inap Puskemas Bangilan. Peresmian ini menjadi rangkaian kunjungan Bupati Tuban di kecamatan Jatirogo, Kenduruan, dan Bangilan.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Diskominfo Tuban, Kabag Kesejahteraan Rakyat, Kabag Umum, Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tuban, Camat dan Forkopimka setempat, Sabtu (15/2/2020).

Seusai peninjauan, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi atas berdirinya Puskesmas Jatirogo. Pembangunan Puskesmas ini menjadi salah satu langkah Pemkab Tuban untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Pelayanan kesehatan harus terus ditingkatkan karena termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi," ungkapnya. Pembangunan Puskesmas Jatirogo ini menggunakan dana APBD Kabupaten Tuban mencapai Rp5 miliar.

Lebih lanjut, keberadaan Puskesmas akan memudahkan masyarakat untuk berobat. Dengan kemudahan tersebut akan mempercepat penanganan medis yang diperlukan dan menekan biaya berobat.

Pemkab Tuban juga akan terus meningkatkan sarana pendukung lainnya, termasuk tenaga medis. Dari 33 puskesmas di Kabupaten Tuban, 30 puskesmas telah memiliki dokter gigi.

"Sisanya akan segera dilengkapi," jelasnya.

Bupati dua periode ini menginstruksikan agar Dinas Kesehatan dan Puskesmas memberi perhatian lebih akan adanya penderita stunting. Tercatat, angka stunting di Kabupaten Tuban tahun 2019 hanya 17 persen dari total penduduk Kabupaten Tuban.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menekankan agar pihak terkait terus mengawasi kebutuhan gizi serta semakin menggiatkan sosialisasi tentang angka kecukupan gizi. Keluarga anak penderita stunting juga diminta aktif bertanya mengenai kebutuhan gizi anak.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban juga mengunjungi sejumlah keluarga penderita stunting dan menyerahkan paket makanan bergizi. [ali/ito]