Cegah Virus Corona, Pengusaha Karaoke hingga Hotel di Tuban Diberi Surat Edaran



Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lurah Ronggomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Zaenal Arifin menerbitkan surat edaran bernomor 660/17/414.416.07/2020 perihal himbauan pencegahan adanya virus Corona pada 3 Februari 2020.

Surat tersebut ditujukan kepada pengusaha bidang pariwisata di wilayah Ronggomulyo. Mencakup pengelola objek wisata, hiburan karaoke, hotel dan rumah makan.

"SE ini menindaklanjuti surat Camat Tuban tertanggal 30 Januari 2020 Nomor 566/81/414.416/2020 dengan perihal yang sama," tutur Lurah Ronggomulyo dalam SE yang diterima blokTuban.com, Minggu (9/2/2020).

Zaenal menegaskan, ada tiga poin yang harus dilakukan oleh pengusaha bidang pariwisata. Mulai mengadakan koordinasi/komunikasi dengan puskesmas terdekat untuk memohon di masing-masing tempat usaha diadakan langkah pencegahan terhadap wabah virus asal Wuhan Cina tersebut.

Poin dua, membuat banner peringatan dini adanya informasi virus Corona. Sekaligus cara penanggulangannya dengan bimbingan Dinas Kesehatan melalui puskesmas terdekat.

"Poin terakhir, segera melaporkan jika ditemukan gejala virus Corona pada pengunjung," imbuhnya.

Menindaklanjuti adanya kasus pneumonia berat atau virus corona yang bermula di kota Wuhan, Tiongkok yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCOV), Ikatan Dokter Indoensia (IDI) mengeluarkan siaran pers resminya tertanggal 24 Januari 2020 silam.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. Daeng M Faqih menjelaskan gejala penyakit pneumonia berat mirip dengan pneumonia pada umumnya seperti demam, lemas, batuk kering dan sesak atau kesulitan bernafas.

Hal ini perlu diwaspadai oleh orang dengan usia lanjut dan juga balita. Pada orang dengan lanjut usia atau memiliki penyakit penyerta lain, memiliki risiko lebih tinggi untuk memperberat kondisi.

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik, namun tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

Beberapa gaya hidup sehat yang harus ditingkatkan seperti menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi public.

Hindari mengusap mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan, menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika meiliki gejala saluran napas. Istirahat bila sedang sakit dan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo mengungkapkan himbauan tentang bahaya penyakit pneumonia berat atau virus corona ini sudah disebarkan keseluruh fasilitas kesehatan baik swasta maupun pemerintah.

“Hal ini untuk mengantisipasi jika kemungkinan didapatkan pasien dengan ciri-ciri penyakit tersebut," tandasnya. [ali/ito]