BPBD Evakuasi Koloni Tawon Sebesar Galon di Glagahsari

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Koloni atau sarang tawon jenis vespa affies akhir-akhir ini sering dievakuasi oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Seperti halnya giat evakuasi sarang tawon di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Rabu (5/2/2020) kali ini.

Koloni tawon dengan volume setara galon air mineral ukuran 19 liter itu, bersarang di pekarangan belakang rumah Purwadi, tepatnya di Dusun Glagah, segera ditanggapi oleh tim BPBD Posko Rengel usai mendapat laporan dari perangkat desa setempat.

"Sebelum tim kesini, ukuran sarang tawon hampir mirip dua galon air mineral malah Mas," ujar Rizki, salah satu anggota BPBD Posko Rengel kepada blokTuban.com, Rabu (5/2/2020).

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu warga sempat punya inisiatif untuk membakar sarang tawon itu sendiri. Caranya, warga terlebih dulu membakar bagian sarang. Baru kemudian dari jarak cukup jauh, warga melemparkan minyak gas yang terlebih dulu dibungkus dengan plastik untuk memicu nyala api.

"Tapi ya begitu, cuma sedikit saja yang kebakar. Akhirnya, barulah warga melapor ke desa untuk diteruskan ke tim BPBD," lengkapnya.

Dalam upaya pembasmian sarang tawon, tim BPBD Pos Rengel juga dibantu perangkat Desa Gagahsari beserta warga setempat melakukan evakuasi sarang tawon sehingga tak lagi merisaukan warga sekitar. [feb/col]