Dinkes Imbau Warga Tuban Tidak Panik Soal Virus Corona

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mengimbau warga agar tidak terlalu panik terhadap virus corona yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok. 

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul, mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga sistem imun tubuh dan makan makanan bergizi seimbang.

"Alhamdulillah, hingga saat ini warga Tuban belum ada yang terjangkit virus tersebut," ungkap Endah, Selasa (4/2/2020).

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi hal itu pihaknya melakukan sosialisasi melalui Puskesmas dan Forum Komunikasi Kecamatan (Forkompika) daerah setempat, dengan sasaran  sekolah dan desa yang ada di wilayah tersebut.  

"Sosialisasinya mengenai, peningkatan hidup sehat dimulai dengan rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh hewan secara langsung," ujarnya.

Selain itu, Dinkes Tuban juga telah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuban untuk menyiapkan ruangan isolasi khusus.

"Walaupun kita berharap virus ini tidak sampai di Tuban tapi, untuk mengantisipasi kita sudah menyiapkan ruangan isolasi khusus di RSUD Tuban," imbuhnya.

Ia berpesan, kepada masyarakat Tuban apabila mengalami demam, batuk, sesak napas dan gangguan pernapasan lainnya untuk segera ke Puskesmas atau ke rumah sakit terdekat.

"Segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala tersebut," tandasnya. [nid/col]