BPS Tuban, Beri Bekal 69 Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2020

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban menggelar kegiatan kepada 69 petugas survei di Hotel Mustika Jalan Teuku Umar Tuban, Senin (3/2/2020).

Pembukaan pelatihan yang dibagi menjadi dua gelombang tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana serta Kepala BPS Kabupaten Tuban, Agus Budi Santoso.

Saat ditemui blokTuban.com, Instruktur Nasional, Septian Pratiwi Nurhidayati mengatakan, kegiatan pelatihan Susenas tahun 2020 ini ada sebayak 69 petugas survei. Adapun pelatihan ini dibagi menjadi dua gelombang.

"Gelombang pertama, pelatihan dilakukan tanggal 3-5 Februari, sedangkan gelombang kedua berlangsung pada 6-8 Februari 2020," ucap Septian Pratiwi Nurhidayati.

Menurutnya, kegiatan pelatihan petugas susenas 2020 ini merupakan langkah awal untuk mensukseskan pelaksanakan progam penyediaaan dan pelayanan infomasi statistik secara makro di daerah. Yang mana survei akan di lakukan petugas pada Maret 2020 nanti.

"Jumlah sampel atau responden untuk tahun ini sebanyak 910 rumah tangga atau lebih banyak dibanding dengan tahun 2019 yang berjumlah 840 di 20 kecamatan Kabupaten Tuban," imbuhnya.

Diharapkan pada pelaksanaan susenas 2020 nanti, masyarakat Kabupaten Tuban menerima petugas survei dan bisa koperatif menyampaikan secara gamblang saat petugas melakukan survei di lapangan.[hud/ito]