Kartu Tani di Tuban Tersalurkan 70 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban mencatat penyaluran Kartu Tani telah mencapai 70 persen. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan DPKP Kabupaten Tuban, Darmadin Noor.

Menurutnya, penyaluran kartu tani hingga saat ini telah mencapai 70 persen dari jumlah kartu tani yang telah di cetak. Dengan rincian penyaluran tahap pertama, kartu tani disalurkan sebanyak 63.880 sedangkan pada tahap ke dua kartu tani disalurkan sebanyak 25.318.

"Kartu tani sudah kita cetak sebanyak 127.602 dan sudah kita salurkan sebanyak 89.198 kartu tani atau sekitar 70 persen," terang Darmadin Noor kepada blokTuban.com.

Dia menambahkan, target penyaluran kartu tani dari DPKP Kabupaten Tuban yakni berjumlah sebanyak 204.076. Namun baru tercetak 127.602 sedangkan yang masih belum tercetak ada sebanyak 76.474 kartu tani.

Dia menerangkan, selama ini yang menjadi kendala dalam penyaluran kartu tani adalah kaitanya dengan administrasi. Dikarenakan permintaan data untuk input itu sangat detail dan bermacam-macam. "Kendala selama ini lebih pada administrasi," imbuh Darmadin.

Sekadar diketahui, kartu tani merupakan database petani yang akurat sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi di agen pupuk. Selain itu, kartu tani juga merupakan sarana layanan perbankan yang lebih lengkap bagi petani, termasuk untuk mendapatkan KUR Tani.[hud/col]