Hujan Deras Sekilas, Jalanan Kebonagung Kebanjiran

Reporter: M Anang Febri

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tuban selatan khususnya di Kecamatan Rengel, Selasa (21/1/2020) siang tadi mengakibatkan jalanan di Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel terendam banjir.

Dari penuturan warga setempat, hujan yang turun dengan intensitas tinggi selama 1 jam pada pukul 13.00 WIB tersebut, mengalir dan meluber begitu saja di kawasan jalan dekat perempatan balai desa setempat.

"Hujan tadi lumayan deras sampai banjir begini. Saya tahunya banjir habis azan Ashar tadi," ungkap Waras, warga sekitar Dusun Butoh, RT/RW O3/03, Desa Kebonagung.

Lelaki yang juga sebagai salah satu perangkat desa setempat itu menambahkan, banjir bandang sering terjadi jika hujan turun dengan deras. Ditambah lagi dengan kiriman air hujan, serta air sungai yang meluap.

Senada diungkap warga lain, Suyono, menurutnta banjir bandang memang sering terjadi jika hujan deras. Selain itu, kali avur dan curahan air dari perbukitan kapur Tuban selatan juga berdampak.

"Dari perbukitan atas sana, hujan juga deras. Jadi numpuk, sungai avur kecil, sampai banjir begini," kata lelaki yang kerap disapa Yono itu.

Dari pantauan blokTuban.com, menjelang petang air perlahan menyusut. Genangan banjir merendam jalan poros desa dekat perempatan balai desa antara 20 cm hingga 40 cm.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, beserta Koramil Rengel, Polsek Rengel, Satpol PP bersama Tagana dan Relawan Tuban juga sudah melakukan tinjauan ke titik banjir.

Tak ada kerusakan maupun korban yang muncul dalam banjir bandang dadakan ini. Beruntung lagi, sejumlah lahan pertanian yang ikut terendam banjir belum sempat ditanami padi oleh para petani. 

Kendati begitu, terdapat 1 bangunan warung milik warga setempat atas nama Sumiyati yang tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 cm. Tim dari BPBD saat pemantauan banjir memberi arahan kepada warga supaya tetap berhati-hati. [feb/col]