Imlek Undangan Meningkat, Seniman Barongsai Genjot Latihan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Seniman kesenian Barongsai Putra Ronggolawe Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban beberapa minggu ini terus menggenjot latihan. Latihan itu digenjot lantaran menjelang momen Tahun Baru Imlek ke-2571 ini, job main meningkat.

Salah satu personel Barongsai Putra Ronggolawe Su'udi mengatakan, menjelang perayaan Tahun Baru Imlek ini job main meningkat tajam, sehingga keterampilan-keterampilan terus diasah melalui latihan rutin.

"Latihan terus kita lakukan menjelang perayaan Imlek ini," terang Su'udi kepada blokTuban.com, Minggu (19/1/2020) sore.

Dia menambahkan, menjelang Tahun Baru Imlek ini sudah ada sekitar 20-30 job yang mengundang untuk menghibur masyarakat. Baik itu dari wilayah Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten. 

"Tahun ini, selain kita dapat job dari Tuban juga dapat job di Lamongan, Bojonegoro, bahkan sampai Jogja," imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan Barongsai Putra Ronggolawe Khusma menyampaikan, menjelang Tahun Baru Imlek pihaknya terus menyiapkan kebutuhan para pemain untuk pentas, seperti halnya peralatan Barongsai dan Leang-leong.

"Selain latihan, kita juga mulai menyiapkan semuanya seperti perlengkapan untuk main ketika ada job," jelas Khusma.

Menurutnya, beberapa hari ini job main mulai masuk baik job dari Tuban maupun luar Kabupaten. Adapun untuk tarif setiap kali main sekitar Rp2,5 juta, Rp5 juta sampai Rp7,5 juta tergantung dengan jarak lokasi mainnya.

"Untuk tarifnya ya tergantung jauh dekatnya job pentas," pungkas Khusma.[hud/col]