Misi Bangun 1.000 TPQ, Pemkab Kucurkan Dana Hibah Rp2 M

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berkomitmen mewujudkan branding-nya menjadi Bumi Wali, dengan mendirikan 1.000 lebih Taman Pendidikan Alquran (TPQ) hingga 2021.

Keinginan kuat Bupati Huda itu, diwujudkan dengan memberikan bantuan dana hibah Rp25 juta/TPQ yang tersebar di 20 kecamatan di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini.

Di awal 2020, Pemkab menyerahkan dana hibah Rp2,085 miliar di sela Muhasabah Sabtu pagi di masjid Fathurrohmat Pendopo Kridho Manunggal, Sabtu (18/1/2020).

Hibah itu dibagikan untuk meningkatan fasilitas tempat ibadah, pondok pesantren, dan TPQ tahun anggaran 2020 kepada 57 penerima.

Penyerahan dilakukan usai pelaksanaan Kegiatan yang juga diikuti pimpinan OPD, Camat, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban, guru TPQ dan warga masyarakat.

Bupati Tuban menerangkan, hibah TPQ yang telah diserahkan dapatnya segera dibelanjakan untuk pembangunan. Dengan demikian bangunan bisa digunakan secepatnya dan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Penyerahan hibah ini sejalan dengan program Pemkab Tuban untuk mewujudkan masyarakat yang lebih religius," tutur Bupati dua periode ini.

Di samping itu, sebagai salah satu upaya pembentukan karakter dan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan, baik formal maupun informal.

Bupati dua periode ini menginstruksikan perlunya memanfaatkan potensi lahan di Bumi Wali. Salah satunya di sektor pertanian yang mampu surplus padi dan jagung.

Capaian ini hendaknya ditingkatkan dengan menanam tanaman keras dan bisa menghasilkan buah. Selain untuk penghijauan, buahnya dapat dimanfaatkan baik dikonsumsi langsung atau dijual.

"Juga perlu adanya pabrik pengolahan hasil pertanian agar meningkatkan nilai tambah hasil petani," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan santunan bagi keluarga guru TPQ yang meninggal dunia dari BPJS Ketenagakerjaan Tuban. Total santunan yang diberikan mencapai Rp108 juta untuk tiga keluarga. [ali/rom]