Cek Baut Roda Matik, Optimalkan Kaki-kaki

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kaki-kaki pada kendaraan bermotor menjadi bagian penting pada sistem penggerak roda. Salah-salah jika tak ada perhatian khusus, malah bisa membahayakan si pengendaranya.

Pengecekan dan perawatan rutin harus dilakukan, agar berkendara tetap nyaman dan safety. Adapun salah satu bagian yang sering terlewat meskipun terlihat sepele pada sepeda motor matik, yaitu baut penghuni pada roda.

"Kalau berkendara setiap hari dengan jarak yang relatif jauh, minimal 1 bulan sekali lakukan pengecekan," kata Yanto, mekanik kendaraan bermotor di Jalan Bengawan Solo Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Jumat (10/1/2020).

Dijelaskan lagi, supaya aman, pemasangan baut harus semaksimal mungkin. Kalau tidak, penggerak as roda yang kalah. Apalagi pada musim penghujan saat ini, debu kotoran dan air bisa menumpuk menjadi korosi pada bagian dalam as roda.

As penghubung roda ke mesin, jika sudah tak normal bisa mempengaruhi kenyamanan. Bahkan, bila terus diabaikan bisa rusak dan patah. Dampaknya, pengendara harus mengeluarkan budget lebih untuk servis. Bisa habis dibawah Rp100 ribu jika kerusakannya sedang, kalau parah bisa lebih.

"Lebih baik mengantisipasi saja. Perawatan sebenarnya mudah, cukup kencangkan kembali baut roda. Jika diperlukan, beri pelumas stempet motor dibagian as roda," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/rom]