Genjot PAD, Bupati Minta Optimalkan Retribusi Tambang Galian C

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menekankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapatnya terus ditingkatkan. Salah satunya dengan mengoptimalkan sumber pendapatan yang ada, seperti retribusi tambang galian C, Kamis (9/1/2020).

“Dengan naiknya PAD, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban,” kata Bupati Huda dalam pengarahan pada Rapat Evaluasi Tahun Anggaran 2019 Serta Pengarahan Program Dan Kegiatan Tahun Anggaran 2020.

Bupati dua periode yang habis jabatannya pada 2021 ini, menekankan agar penyerapan APBD dapat dilakukan segera dan sesuai dengan rencana awal. Mengingat Perda APBD Kabupaten Tuban paling cepat ditetapkan Pemprov Jawa Timur. Semua proyek yang dikerjakan harus memperhatikan fungsi dan dampak positifnya.

Adanya catatan dan evaluasi pada tahun 2019 harus segera diperbaiki. Hal tersebut dilaksanakan untuk menunjang peningkatan kinerja serta capaiannya. Tidak hanya itu, perlu penguatan koordinasi dan sinergitas antar OPD maupun instansi lain untuk menyelesaikan permasalahan secara konkrit.

Bupati asal Montong juga menginstruksikan agar inovasi yang sebelumnya telah berjalan dapat terus ditingkatkan. Sekaligus diimbangi dengan menciptakan terobosan terbaru.

“Harus terus berinovasi dan menciptakan terobosan, serta mampu meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat,” pinta mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Pada kesempatan ini, disampaikan terima kasih atas capaian kinerja dan prestasi selama tahun 2019. Salah satunya adalah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Tuban yang melebihi skor 80.

“Capaian ini harus terus ditingkatkan  sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih optimal,” tutupnya. [ali/col]