Selain Masalah E-KTP, Inovasi Nahkoda Baru Disdukcapil Rohman Ubaid Dinanti Bupati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rohman Ubaid resmi menjadi Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban. Pejabat yang pernah menjadi juru bicara pemkab ini dilantik Bupati Tuban, Fathul Huda pada Selasa (7/1/2019) malam bersama 294 pejabat lainnya di Pendopo Krida Manunggal.

Sebelum menahkodai dinas kependudukan, Ubaid sapaan akrabnya harus transit sepekan di bagian pengadaan barang jasa dan administrasi Setda Tuban. Ada keterlambatan turunnya Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI (SK Mendagri RI) terkait jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban.

"Tadi pagi SK sudah diterima, langsung malam harinya jadi esok hari bisa langsung kerja," terang Bupati Huda.

Bupati dua periode yang mengakhiri jabatannya pada 2021 ini, sempat mengaku kecewa dengan Pemerintah Pusat, karena SK Disdukcapil belum juga turun di penghujung 2019.

Bupati menilai Disdukcapil merupakan salah satu intansi dengan segudang persoalan. Kepala Disdukcapil yang baru harus lebih baik. Inovasi harus diprioritaskan karena saat ini Kabupaten Tuban rangking 16 inovasinya se-Indonesia.

"Peringkat ini harus naik di tahun 2020," pinta mantan Ketua PCNU Tuban ini.

Rekam jejak Rohman Ubaid terbilang cukup panjang dan kenyang pengalaman. Bertahun-tahun menjadi Camat Kerek, Ubaid kemudian dimutasi menjadi Camat Jenu.

Baru seumur jagung kurang lebih 3 bulan di Jenu, Ubaid kemudian dipromosikan menjadi Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban. Sepekan duduk di kursi kabag pengadaan barang, di awal 2020 menahkodai dinas yang beroperasi di Jalan Teuku Umar. [ali/ito]