Seismik PHE 2 Blok di Tuban Berakhir Januari 2020

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kegiatan seismik PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) Tuban East Java di 2 Blok di Kabupaten Tuban per 7 Januari 2020 telah mencapai 96 persen.

2 Blok yang dimaksud yaitu Sumber Sarang Koro (SSK) dan West Mudi (WM), yang berlokasi di delapan kecamatan atau 52 desa.

"Saat ini seismik mencapai 96 persen dan anak usaha Pertamina menarget rampung akhir Januari 2020," kata perwakilan humas PHE, Mohammad Ulin Najah kepada reporter blokTuban.com, Selasa (7/1/2020).

Ulin menambahkan, untuk pembayaran kompensasi saat ini sudah mencapai 27% dan ditargetkan akan selesai pertengahan Februari mendatang.

Dilain waktu, Asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Sunarto menjelaskan PHE telah memperoleh izin lingkungan tertanggal 24 April 2019 untuk melakukan uji seismik.

Izin lingkungan yang dimaksud memuat ketentuan teknis terkait uji seismik yang akan dilakukan. Sekaligus jarak minimum dengan berbagai infrastruktur yang ada, seperti pipa, bangunan, maupun lahan.

Langkah-langkah pengelolaan lingkungan, diantaranya aspek sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Juga telah diatur jika terjadi kerusakan dan kompensasi kepada masyarakat.

"Sebelum uji seismik dilakukan di 10 kecamatan, PHE telah melakukan sosialisasi di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa," terang mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban.

Saat di Yogyakarta waktu lalu, Field Relations PHE, Eko Broto menyiapkan 16.000 titik untuk dibor. Dalam seismik 3D itu terbagi dalam dua tahapan. Pertama, kalau pada area kosong titik bor akan diledakkan dengan bahan peledak Gel (red, lebih dikenal dengan urea). Lalu yang kedua, dilokasi padat penduduk seismik menggunkan Vibro.

Bupati Tuban Fathul Huda sejak awal berharap agar masyarakat Kabupaten Tuban tutut mendukung kesuksesan kegiatan Survei Seismik 3D karena energi merupakan kebutuhan pokok.

"Semoga kegiatan survei ini berhasil dan harapanya semua masyarakat mendukung," harap Bupati dua periode ini.

Perlu diketahui, kegiatan survei Seismik 3D yang melibatkan sekitar 1.500 orang pekerja ini mencakup sebanyak 59 desa dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Dengan luasan areal pengerjaan seluruhnya mencapai 210 KM persegi. [ali/ito]