BMKG Ingatkan Warga Tuban Waspada Potensi Angin Kencang Sepekan ke Depan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kepala BMKG Juanda Surabaya, Bambang Hargiyono mengingatkan warga di Jawa Timur termasuk di Kabupaten Tuban untuk berhati-hati dan waspada selama sepekan ke depan, karena berpotensi terjadi angin kencang dan cuaca ekstrim.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Juanda Surabaya membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui http://www.bmkg.go.idhttp://www.juanda.jatim.bmkg.go.id, follow media sosial @infobmkgjuanda, maupun telp (031) 8668989.

"Potensi ini karena adanya pola tekanan rendah di Samudra Hindia selatan wilayah Nusa Tenggara menyebabkan terbentuknya pola pertemuan angin atau konvergensi di sepanjang wilayah Jawa Timur," kata Bambang dalam siaran resmi yang diterima reporter blokTuban.com, Minggu (5/1/2020)

Dari analisa MJO, Bambang menambahkan mulai menguat yang mengindikasikan suplay uap air meningkat. Selain itu, saat ini wilayah Jawa Timur juga sudah mendekati puncak musim hujan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Juanda Surabaya memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrim, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Beberapa wilayah yang mengalami cuaca ekstrim mulai 4-10 Januari 2020 yaitu, Bangkalan, Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Jombang, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Batu.

Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Lamongan, Lumajang, Magetan, Pacitan, Pamekasan, Pulau Bawean, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Trenggalek, Tuban, dan Tulungagung.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. [ali/lis]