Dua Hari Gelombang Laut Tuban Diprediksi Capai 4 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama dua hari ke depan 4-5 Januari 2020, gelombang laut di Kabupaten Tuban masuk kategori tinggi kisaran 2,5 sampai 4 meter. Gelombang ini diprakirakan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya terjadi mulai jam 07.00 Wib.

Prakirawan BMKG, M. Arif Wiyono menjelaskan selain di Tuban-Lamongan, gelombang 4 meter juga terjadi di Perairan Kalimantan Tengah bagian timur, laut Jawa utara Bawean, Perairan utara Madura, dan Samudra Hindia Selatan Jawa Timur.

"Untuk gelombang sedang 1,5 sampai 2,5 meter ada di Perairan Gresik-Surabaya, Selat Madura bagian barat dan timur," terang Arif, Sabtu (4/1/2020).

Ditambahkan Arif pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umunnya dari timur laut -timur dengan kecepatan 5-25 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari barat-barat laut dengan kecepatan 5-25 knot.

Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Sabang, Laut Natuna utara, Laut Flores bagian timur, Laut Banda, Laut Sulawesi bagian timur, dan Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud.

"Kondisi ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," terangnya.

Arif juga memberi saran keselamatan kepada perahu nelayan, Kapal Tongkang, Kapal Fiber, dan Kapal Ferry. Untuk memantau dan mengupdate informasi cuaca sebelum dan selama berlayar.

Sebagai catatan keberadaan comulo nimbus (cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin, dan tinggi gelombang. [ali/dy]