Akhir Tahun, Harga Sapi di Tuban Cenderung Turun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Akhir tahun 2019 sekaligus memasuki musim penghujan harga sapi di pasar hewan Kabupaten Tuban cenderung mengalami penurunan, Senin (30/12/2019).

Harga sapi turun dikarenakan beberapa faktor, diantaranya banyak petani yang menjual ternaknya karena awal musim tanam ini banyak petani yang merugi. Selain itu, harga pakan sapi saat ini juga mahal bila dibandingkan sebelumnya.

"Akhir tahun ini harga sapi turun mas, karena banyak petani yang menjual ternaknya karena harga pakan sekarang mahal," terang Yanto penjual sapi asal Bojonegoro, Minggu (29/12/2019).

Dia menambahkan, harga sapi turun sudah terjadi sejak sekitar satu bulan yang lalu. Menurutnya, harga sapi yang biasanya sekitar Rp12 juta sekarang hanya sekitar Rp 11,5 atau Rp11 juta.

"Turunya sedikit Mas, ini biasanya bisa sampai Rp12 juta," imbuhnya sambil menunjukan seekor sapi.

Sementara itu, penjual lain asal Kecamatan Merakurak Wito juga mengaku, kalau akhir tahun ini harga sapi turun dikarenakan banyak petani yang menjual sapinya untuk modal tanam. "Iya, beberapa minggu ini harga sapi agak turun," pungkasnya.[hud/dy]