Pemuda Montong Dilatih Jadi Pewarta dan Marketing Inovasi Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Puluhan pemuda Kecamatan Montong dilatih menjadi pewarta sekaligus marketing inovasi desanya, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Jetak ini menghadirkan nara sumber kompeten dengan materi membuat blog/website, ilmu jurnalistik, dan video blog. Ditambah materi wawasan kebangsaan.

Dalam sambutannya, Camat Montong, Suwoto menekankan sebagai generasi melineal harus melek teknonogi informasi. Sekaligus harus seimbang antara Imtaq dan Iptek supaya tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak benar.

"Yang dilatih hari ini ada 26 pemuda karang taruna dari 13 desa dan 15 Ipnu -Ippnu," terang Suwoto.

Ada empat poin yang diharapkan setelah pelatihan ini. Pertama, bisa ikut mengisi web desa. Dua, masing-masing individu bisa ikut memprosikan inovasi desanya.

Ketiga, bisa ikut menjualkan hasil produc desanya /jualan on line. Terakhir, menjadi generasi tangguh dalam menghadapi perkembangan zaman.

"Sudah saatnya pemuda Montong mampu menjadi pewarta dan marketing inovasi desanya," tegas mantan Sekcam Jenu.

Untuk menjadi pewarta desa, ilmu menulis dan pengambilan video menjadi bekal utama. Dari siitulah, harus dikembangkan untuk memetakan potensi kemudian mempromosikan.

Pemuda Montong harus mengoptimalkan kemampuannya. Harus disadari setiap desa memiliki senjata digital, yaitu website desa.

"Kami minta para pemuda bisa mewarnai web itu," tutupnya. [ali/ito]