ASN Tuban Salat Gerhana

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, melakasanakan salat Gerhana Matahari di Musala Kemenag Tuban, Kamis (26/12/2019).

Pelaksanaan salat gerhana ini berdasarkan press release dari Kemenag RI, Tanggal 19 Desember 2019 tentang Anjuran salat Gerhana Matahari secara berjama'ah. Bertindak sebagai Imam dan Khatib adalah KH. Abdul Karim Kepala Seksi PD. Pontren Kemenag Tuban.

Dalam uraian khutbahnya, Karim menerangkan, tentang kebesaran ayat-ayat kauniyyah Allah SWT, bahwa gerhana matahari yang sedang terjadi saat ini dan yang sedang disaksikan bersama-sama ini sesungguhnya adalah sebagai tanda kebesaran-Nya.

"Mari bersyukur dan memohon ampun, gerhana ini adalah tanda kebesaran-Nya," ungkap Karim.

Ditemui setelah salat berjama'ah, Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, salat gerhana matahari ini merupakan sunnah mu'akkad, yakni salat sunnah yang dianjurkan. Sehingga ia menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Kemenag Tuban untuk melaksanakan secara berjama'ah serta berdo'a untuk keselamatan bangsa dan negara.

"Berdo'an untuk keselamatan bangsa dan negara agar semakin lebih baik," tandasnya.

Berdasarkan data astronomi, bahwa pada hari Kamis, 26 Desember 2019 mulai pukul 10.34 WIB di Indonesia terjadi Gerhana Matahari Cincin, yang puncaknya terjadi pada pukul 12.17 WIB dan  berakhir pada pukul 14.00. WIB. [nid/rom]