Belum Diresmikan, Taman Sumur Gemuling Menjadi Sport Selfi Baru

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Meski belum diresmikan, Taman Sumur Gemuling menjadi sport selfi baru masyarakat Tuban. 

Pada akhir tahun 2019, Dinas Perumah Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP) Tuban menambahkan beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH), salah satunya dengan pembangunan taman Sumur Gemuling yang berlokasi di Jalan Tengku Umar Tuban.

Taman dengan luas 3,6 yang menelan biaya sebesar Rp2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan P - APBD tahun 2019 ini sedikit berbeda dari taman - taman lainnya. Yaitu,  dengan adanya air mancur.  Meski belum diresmikan taman ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Tuban. 

Salah satu warga Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Laily (22) mengaku mengetahui tempat ini dari Media Sosial (Medsos) dan merasa penasaran dengan show air mancurnya,  ia bersama keluarganya berkunjung ke Taman Sumur Gemuling. 

"Awalnya tahu dari Medsos terus ajak keluarga ke sini," ungkap Laily.

Hal senada juga diungkapkan, warga Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Reza Oktavianti (19) mengatakan, awal mengetahui tempat ini saat ia hendak ke SPBU sebelah taman Sumur Gemuling dan merasa penasaran ia bersama teman - temannya berkunjung.

"Pas mau ke SPBU, terus ada pertunjukan air mancurnya," ujarnya.

Ia menambahkan, sangat setuju dengan adanya pembangunan RTH ini sebab, selain menambah asri Kota Tuban juga mejadi sport foto baru yang gratis.  "Selain menjadi tempat bersantai, juga bisa jadi sport selfi,"ujarnya.

Sedangkan,  Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, PRKP Tuban, Sumarno mengatakan, sebagai uji coba sebelum diresmikan ada lima kali pertunjukan air mancur yaitu pada pukul,  05.30 -07.30, 11.30 -13.30, 15.30-17.30, 18.00 -19.30 dan  20.00 -22.00.

"Satu hari ada lima kali show," ungkap Sumarno.

Ia menjelaskan, apabila masyarakat Tuban sangat antusias kedepannya ia akan menambahkan waktu pertunjukan air mancurnya.  "Kalau animonya sangat tinggi akan kami tambahkan waktu shownya," tandasnya. [nid/ito]