Hadapi Tantangan Digital, Kartar Jatirogo Gelar Seminar Jurnalistik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Perwakilan Karang Taruna (Kartar) dari 18 desa di Kecamatan Jatirogo mengikuti seminar Jurnalistik di pendopo Desa Sugihan, Sabtu (14/12/2019. Seminar bertajuk 'Pemanfaatan Platform Marketplace Sebagai Peningkatan Ekonomi Berbasis Desa' tersebut merupakan realisasi program kerja Kartar Kecamatan Jatirogo.

Seminar Jurnalistik yang berlangsung satu hari tersebut mendatangkan pemateri dari jurnalis blokTuban.com, Ali Imron dan Mochamad Nur Rofiq. Pihak Kartar berharap, pasca kegiatan masing-masing perwakilan dari desa mampu menularkan ke anggotanya untuk membangkitkan ekonomi di wilayahnya masing-masing.

"Harapan kami, dengan bekal materi yang didapat mereka (peserta) dapat membranding potensi desanya masing-masing," ujar Ketua Kartar Kecamatan Jatirogo, Aji Syafii di Sugihan, Jatirogo, Sabtu (14/12/2019).

Sementara itu, Perwakilan Kartar Kabupaten Tuban, Alkarnoto yang mengahdiri seminar, mengapresiasi gebrakan yang sudah dilakukan Kartar kecamatan maupun desa di Jatirogo. Pihaknya mengklaim dengan seminar itu generasi muda mampu menjawab tantangan perkembangan dunia digital.

"Luar biasa, kami bangga dengan kegiatan semacam ini. Sebab, maju mundurnya negara ya generasi muda yang menentukan," seru Karnoto sembari memotivasi para peserta.

Di lokasi yang sama, satu di antara belasan peserta Seminar, Abdullah Fatih mengaku tertarik dan termotivasi dengan adanya kegiatan semacam itu. Sebab, menurut dia banyak pengalaman baru yang bisa dipetik.

"Keren, bisa menambah wawasan baru tentang jurnalistik, lebih- berkaitan penjualan," ucap Fatih.

Dari seminar ini, lanjut Fatih, dirinya terpacu dalam mengolah pola pikir untuk menggeluti dunia jurnalistik. Sebab, selain menyajikan informasi dirinya mengaku menemukan fungsi lain dari media daring, yakni dapat dijadikan untuk promosi.

"Kegiatan ini membuat pola pikir saya berkembang, ternyata media media online bisa dimanfaat untuk perdagangan," pungkasnya.[hud/ito]