Sekda Minta Program Kerja PMI Tak Muluk-muluk

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dalam pembukaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) Palang Merah Indonesia (PMI), Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana menekankan kepengurusan PMI tidak hanya formalitas, tetapi juga mampu menjalankan roda organisasi.

Program kerja yang telah disusun dapatnya direalisasikan, serta program kerja yang disusun berorientasi pada program prioritas dan selaras dengan rencana program pengurus PMI Pusat dan Jawa Timur.

“Program kerja tersebut tidak harus muluk-muluk,” pinta Budi Wiyana, Jumat (13/12/2019).

Birokrat asal Nganjuk ini menambahkan, kearifan lokal Tuban dapat diangkat pada tiap program kerja. PMI harus terus bersinergi dengan Pemkab Tuban. Sinergitas diwujudkan pada kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi PMI, diantaranya penanggulangan bencana, kepalangmerahan maupun lainnya.

Ketua Harian PMI Jawa Timur, Soebagyo, mengaku intens berkoordinasi dengan PMI se-Jawa Timur. Tujuannya memberikan pemahaman dan arahan agar dalam penyusunan program kerja di tingkat kabupaten sejalan dengan program PMI Pusat dan Jawa Timur.

Terdapat tiga pokok program kerja yang diusung PMI Jawa Timur, yaitu penanggulangan bencana, donor darah dan program kesehatan lainnya.

“PMI Kabupaten Tuban telah menjalankan ketiga program pokok tersebut dengan BAIK dan memenuhi sejumlah kriteria,” tuturnya.

Ditambahkan, PMI Kabupaten Tuban harus terus meningkatkan kinerjanya. Juga mendorong peningkatan peran serta masyarakat pada program desa siaga bencana yang dicanangkan Pemkab Tuban. [ali/rom]