Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan warga Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menggelar salat Istisqo berjamaah di lapangan pilang desa setempat, Jumat (13/12/2019) siang.

Salat dengan tujuan untuk meminta turun hujan tersebut di pimpin oleh Ustad Agus Abdul Ubaidillah, yang turut diikuti oleh Pemerintah Kecamatan Semanding,  Pemerintah Desa (Pemdes) dan sekitar 500 warga.

Kepala Desa Genaharjo, Rudianto mengatakan, pelaksanaan salat istisqo berjamaah ini merupakan salat istiqo ditahun yang ke tiga. Ditahun sebelumnya, pemdes bersama warga sudah melaksanakan salat istisqo di tempat yang berbeda.

"Ini salat istisqo berjamaah tahun yang ketiga, tahun sebelumnya dilaksanakan di salah satu dusun," terang Kades Genaharjo, Rudianto.

Dia menerangkan, salat ini dilaksanakan di lapangan desa setempat bertujuan untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Sebab, di desa Genaharjo baru turun hujan satu kali dan itupun tidak terlalu lebat.

Oleh karena itu, dia berharap dengan digelarnya salat istisqo berjamaah ini Allah meridhoi doa yang dipanjatkan oleh warga sehingga turun hujan. 

"Semoga dengan salat istisqo berjamaah ini allah meridhoi doa kita dan turun hujan yang berkah bagi warga," ungkap Kades.

Sementara itu, Ustad Agus Abdul Ubaidillah menuturkan dengan salat istisqo ini semua warga memanjatkan doa agar allah menurunkan hujan yang berkah. Sebab, di desa ini mamang baru turun hujan sekali itu pun sudah beberapa minggu yang lalu.

"Dengan Salat Istisqo ini, kita panjatkan doa kepada allah agar diturunkan hujan yang berkah," pungkasnya. [hud/col]