Hati-Hati, Kesalahan Bersihkan Mika Plastik Kendaraan Bikin Fatal

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tampil lebih segar nan kinclong dengan kendaraan, merupakan dambaan banyak orang. Bahkan, tak sedikit dari kita jika melihat kaca mika kendaraan kusam, bawaanya ingin segera merapikannya. Baik dengan cara handmade rumah, atau juga ke service body kendaraan.

Nah, bila anda ingin memoles body maupun mika kendaraan, harus hati-hati dalam mengeksekusi. Salah-salah, bukan kinclong dan fresh yang kita dapat. Namu malah memperparah keadaan, dengan permukaan plastik yang makin buram tak beraturan.

"Banyak kesalahan orang ingin poles mika kendaraan, misalnya bagian lampu, tapi malah keliru pakai cairannya," ujar Saiful, pemilik bengkel Wijaya Motor yang ada di Jalan Bengawan Solo, Kecamatan Soko, Jumat (13/12/2019).

Dijelaskannya lagi, cairan yang keliru ditafsir masyarakat luas adalah lotion dari produk Autan. Ya, banyak beredar video maupun tips tutorial ataupun cara untuk menghilangkan, membersihkan, sampai menginclongkan permukaan lampu, namun gagal dipahami sebagian besar masyarakat.

"Kalau pakai lotion autan, hanya untuk permukaan kaca asli. Tapi kalau mika atau bahan plastik, ya tambah rusak," imbuhnya.

Bahan permukaan plastik akan rusak, karena cairan dalam lotion yang biasa digunakan untuk anti nyamuk pada kulit manusia itu memiliki kandungan zat yang bersifat panas jika dipadukan dengan bahan plastik.

Jadi, sebelum melakukan proses polesan pada body kendaraan, ada baiknya mengetahui dulu bagimana karakter material permukaan dengan paduan bahan cairan yang kita gunakan.

"Kalau sudah terlanjur dan jadi rusak, bisa dipoles sendiri dengan kompon dipadu alat polesan, atau bisa ke bengkel polesan saja lebih praktis," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]