TPPI Serahkan Bantuan Rehab RTLH 6 Unit

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sinergi dengan program pemerintah dibidang pengentasan kemiskinan, CSR TPPI secara continue melanjutkan program seperti tahun lalu yaitu Program Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) menjadi Rumah Layak Huni dan Sehat.

 Setiap pembangunan rumah warga yang tidak layak huni sekaligus dibangunkan MCK. Program yang sudah dipatok setiap tahun dengan anggaran ratusan juta rupiah ini akan terus dijalankan.

 Hal itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang kurang mampu di sekitar perusahaan khususnya di Desa Remen, Tasikharjo dan Purworejo Kecamatan Jenu.

Penyerahan rumah kepada warga yang menerima manfaat dari program ini dilaksanakan pada Rabu (11/12) oleh Sugeng Firmanto General Manager PT TPPI didampingi Camat Jenu dan Kepala Desa Remen, Tasikharjo dan Kepala Desa Purworejo.

Dalam kesempatan itu, Sugeng Firmanto mengharapkan agar warga penerima program bisa memanfaatkan rumah tersebut dengan baik serta merawat sebaik-baiknya.

Program ini sebagai bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Seiring dengan program pemberdayaan masyarakat. Khususnya peningkatan kompetensi masyarakat juga terus ditingkatkan supaya terbentuk masyarakat yang mandiri.

Karena bentuk pemberian bantuan carity atau bantuan langsung merupakan bentuk program yang diberikan kepada masyarakat yang benar - benar tidak mampu secara fisik, finansial dan tidak memiliki kemampuan untuk bekerja.

"Tetapi bagi warga yang masih memiliki potensi bekerja secara produktif harusnya diberikan pelatihan agar bisa mandiri," terang Sugeng kepada reporter blokTuban.com, Kamis (12/11/2019).

Sugeng menambahkan, yang dimaksud mandiri disini tidak harus bekerja di perusahaan sekitar, tetapi kalau bisa justru membuka usaha-usaha yang dapat membuka lapangan kerja baru.

Dalam hal program pemberdayaan masyarakat, TPPI berkomitmen untuk menyuport masyarakat sekitar, tinggal bagaimana masyarakat bersama Pemerintah Desa bisa menggali potensi daerah yang ada untuk dikembangkan, bisa berupa potensi kerajinan, pertanian, perkebunan, perdagangan dan potensi wisata.

Darsinah dari Desa Remen adalah salah satu penerima program ini. Nenek yang hidup sendirian ini mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada PT. TPPI yang telah membangunkan rumah lengkap dengan MCK-nya ini.

"Semoga PT. TPPI kedepan semakin sukses dan selalu peduli dengan masyarakat," harap Darsinah dalam doanya.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Hudiono dari Desa Tasikharjo, Kakek yang masa mudanya menjadi Kadus ( Kamituo ) dan saat ini hidup sendiri ini juga tak henti - hentinya mengucapkan terima kasih kepada PT. TPPI yang telah membangunkan rumah dengan kondisi sangat layak. Dimana sebelumnya rumah yang ditinggali tersebut menjadi satu dengan kandang sapi.

Penyerahan rumah layak huni yang terakhir dirumah Yatmiatun warga Desa Purworejo. Ibu dengan pekerjaan sehari hari sebagai buruh tani ini juga mewakili tetangga sekitar yang telah menerima manfaat program ini pada tahun - tahun sebelumnya sangat berterima kasih kepada PT. TPPI yang telah membangunkan rumahnya dengan kondisi saat ini sangat layak huni.

"Semoga PT.TPPI kedepan semakin maju, berkembang dan selamat tidak ada musibah," tutupnya. [ali/ono]