Tuban Miliki 1.833 Sekolah Ramah Anak, Benarkah Terbanyak se-Indonesia?

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tercatat 1.833 sekolah di Kabupaten Tuban masuk kategori Sekolah Ramah Anak (SRA). Jumlah ini tercatat di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), menjadi capaian terbanyak se-Indonesia.

Kepala Dispendik Tuban menjelaskan tahun ini seluruh sekolah di wilayahnya sudah termasuk dalam ramah anak. Dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (KB dan TK) sebanyak 1.161 Sekolah, Jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 580 Sekolah dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 92 Sekolah.

"Untuk mewujudkan intansinya bersama seluruh lembaga, guru, komite sekolah dan siswa melakukan upaya optimal seperti dengan deklarasi SRA, workshop penguatan sekolah ramah anak, peninjauan langsung dan impelemntasi di seluruh sekolah di Tuban," terang Nur Khamid, Rabu (11/12/2019).

Keseriusan Pemkab Tuban dalam mendukung terwujudnya SRA dan mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) mendapatkan apresiasi dari Kementerian PPPA. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri PPPA, Gusti Ayu Bintang Darmawanti kepada Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein bertempat di Wisma Nusantara Jakarta dua hari lalu.

Menteri PPPA dalam berbagai kesempatan menerangkan akan pentingnya kehadiran sekolah ramah anak, karena setiap hari anak-anak  menjalani waktu yang cukup banyak di lingkungan sekolah. "Hampir sepertiga waktu anak-anak itu ada di sekolah, itulah kenapa penting hadirnya sekolah ramah anak ini," sambungnya.

Saat ini masih banyak praktik kekerasan terhadap anak, serta berbagai hal yang harus dilindungi terkait kebutuhan anak-anak ketika berada di sekolah. Untuk itu, kehadiran sekolah ramah anak sebagai bagian komitmen untuk memastikan bahwa anak-anak bisa merasa bebas, terlindungi, dan terpenuhi hak-haknya.

"Di sekolah, anak-anak harus bisa merasa nyaman, kebersihan terjaga, harus indah, asri dan inklusif," harapnya.

Kabupaten Tuban tahun ini juga telah memperoleh penghargaan predikat KLA Kategori Pratama pada bulan Juli lalu. Beberapa sekolah juga mendapatkan predikat SRA terbaik tingkat nasional diantaranya tingkat pra sekolah adalah TK Islam Plus Insan Kamil Tuban, tingkat madrasah tsanawiyah adalah MTs Negeri 1 Tuban dan tingkat SMA adalah SMA Negeri 2 Tuban. [ali/dy]