Pangkas Birokrasi, Pembuatan SIM di Polres Tuban Gunakan Inovasi Simba

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Upaya untuk mendukung  program Presiden dan Kapolri dalam rangka memangkas birokrasi terus dilakukan oleh Polres Tuban. Kali ini, Polres Tuban telah meluncurkan inovasi berupa SIM Bhabinkamtibmas (Simba) untuk masyarakat di Kabupaten Tuban.

Inovasi Simba sendiri, merupakan salah satu program prioritas dari Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dalam memberikan pelayanan yang efisien kepada para calon pemohon SIM di Mapolres Tuban.

Dengan inovasi Simba, Polres Tuban memberikan pelatihan teori maupun praktik ujian SIM di seluruh Polsek yang dibimbing langsung oleh Bhabinkamtibmas di Mapolsek-masing-masing. Dengan tujuan, agar para calon pemohon SIM punya bekal ilmu lalu lintas sebelum melaksanakan ujian SIM yang sebenarnya di Mapolres.

Tentu inovasi itu akan semakin membantu masyarakat, terlebih masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari kota. Maka dari itu dengan bekal mengikuti Simba setidaknya mereka telah punya bekal lalulintas, sehingga tidak perlu berkali-kali datang ke Mapolres Tuban karena gagal ujian. Karena itu sangat menguras waktu biaya dan tenaga.

Salah satu warga pemohon SIM asal Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban Nursahadah mengaku senang telah berhasil mendapatkan SIM setelah sebelumnya mempunyai bekal dari Bhabinkamtibmas saat mengikuti Simba.

"Siapa bilang bikin SIM C susah, ini buktinya, terima kasih Simba karena telah membantu kami mendapatkan SIM C," ujar Nursahadah

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, mengharapkan agar para petugas Simba bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atas inovasi yang diberikan oleh pimpinan.

"Inovasi Simba yang diluncurkan adalah untuk mempermudah masyarakat yaitu dari yang sekiranya sulit kita buat mudah. Inovasi-inovasi yang belum ada kita buat jadi ada, yang tidak terjangkau jadi terjangkau. Salah satunya Simba ini, makanya setiap Polsek ada 4 Bhabinkamtibmas yang di tunjuk untuk mempermudah masyarakat," ujar Kapolres Tuban.[hud/col]