KPU Tuban Juara 3 Kategori Daftar Pemilih Berkualitas se-Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dalam rapat pimpinan yang digelar mulai 3-5 Desember 2019 di Hotel Royal Tretes View, memberikan penghargaan kepada KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Ada delapan kategori penghargaan, diantaranya adalah kategori daftar pemilih berkualitas, indikator penilaiannya mencakup pemutakhiran sesuai waktu, prosentase pemilih dalam dptb dan dpk, jumlah pemilih ganda, penggunaan aplikasi sesuai dengan SOP, dan keaktifan dalam memutakhirkan data dalam sidarlih.

"Alhamdulillah, semalam KPU Kabupaten Tuban menerima penghargaan juara 3 kategori daftar pemilih berkualitas se-Jatim," kata Ketua KPU Tuban, Fathul Ichsan kepada reporter blokTuban.com, Kamis (5/12/2019).

Fathul juga mengucap terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tuban yang telah membantu dalam menjalankan tugas selama ini.

Di samping itu, tak lepas kerjasama yang baik keluarga besar KPU mulai dari PPDB, PPS, PPK dan semua pihak yang telah membantu dan bekerja dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga (DPTHP-3) pada 2 April 2019, terdapat 940.495 pemilih. Terdiri dari 464.058 pemilih laki-laki dan 476.437 pemilih perempuan.

KPU Tuban menarget partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen, sesuai dengan target KPU RI. Sementara tingkat partisipasi pemilih mencapai 81,19 persen.

Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 769.479 orang. Sementara yang Golput 177.275 orang dengan beragam faktor. [ali/col]