Diduga Tersambar Petir, Tower di Tuban Terbakar

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Cuaca buruk di Kabupaten Tuban pada Rabu (4/12/2019) malam diduga memicu korsleting listrik pada box shalter tower di Dusun Bogang, Desa Wadung, Kecamatan Jenu.

Tower tersebut milik H3I. Tim Damkar Mako Tuban menerima laporan dari Polres pada Kamis (5/12) sekitar pukul 08.30 Wib.

"Diduga kebakaran disebabkan karena semalam tersambar petir kata salah satu warga yang melihat, akhirnya terjadi korsleting listrik pada box shalter," terang Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Emil Pancoro kepada reporter blokTuban.com.

Emil menambahkan, tim Damkar tiba di lokasi dan melakukan pemadaman pukul 08.40 wib dengan bantuan Babinsa, Polsek Jenu, perangkat desa dan masyarakat sekitar. Api dapat dipadamkan dengan satu unit mobil fire truk dan APAR.

Untuk tahapan penanganan diawali dengan koordinasi dengan petugas tower. Disusul penanganan pertama dengan menggunakan APAR.

Setelah dapat dipadamkan, tim mengambil baterai portable yang masih menyala dan mematikan seluruh panel. Usai aman tidak ada aliran listrik, tim melakukan pembasahan untuk menghilangkan bau menyengat akibat shelter yang terbakar.

"Kerugian masih dalam proses penyelidikan," tutup Emil. [ali/rom]