Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, 6 Objek Wisata di Tuban Bersolek

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki banyak objek wisata, baik yang dikelola daerah, swasta, maupun desa. Menjelang liburan Natal dan tahun baru, sedikitnya ada enam objek wisata yang bersolek menggunakan dana APBD/PAPBD. 

Ketika ditemui di Goa Akbar, Kepala Bidang Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Suwanto menjelaskan untuk wisata Goa Akbar sekarang tahap pembuatan cerobong angina atau ventilasi. Tujuannya mengurangi kepengapan di dalam goa. 

"Total ada 4 ventilasi. Tiga manual dan satu cerobong dipasang alat untuk mengatur keluar masuk angin," terangnya, Rabu (4/12/2019).

Selain ventilasi, kata Wanto, masih ada kegiatan pembuatan halaman, pembersihan goa, dan penggantian lampu yang rusak. Pemkab ingin suasana di dalam Goa Akbar semenarik nuansa Goa Putri Asih di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong. 

Objek wisata yang dikelola daerah yaitu Pantai Boom yang terletak di sebelah Utara Alun-alun. Di wisata pesisir ini, ada rehab paving dalam, pengecatan ulang gazebo sumur, dan perahu di gerbang masuk. 

"Ada pula pembangunan 5 unit kios. 4 kios kuliner dan satu kios untuk produk IKM/UKM. Setiap kios ukurannya 3×3 meter," imbuhnya. 

Untuk wisata pemandian Bektiharjo juga ada pembangunan lapangan parkir dan pendopo. Upaya ini salah satunya untuk menarik wisata baik dari dalam dan luar daerah. 

Selain tiga wisata yang dikelola daerah, ada tiga objek wisata yang dikelola Pokdarwis mendapatkan dana hibah sebesar Rp 500 juta. Stimulan ini sebagai pendorong wisata alam untuk mandiri dan maju. 

"Hibah Rp 500 juta diperuntukkan Rp 150 juta Sendang Asmoro Ngino, Rp 200 juta pemandian Nganget Kenduruan, dan Rp 150 juta Sukorejo Parengan," tambahnya. 

Hibah semacam ini telah berlangsung enam tahun silam. Hibah sendiri untuk pembangunan Sarpras pendukung wisata. Diserahterimakan dalam bentuk fisik, dan merupakan tindak lanjut kunjungan Wabup ke wisata. 

"Untuk mendapatkan hibah tentu melalui proposal. Kombinasi wisata desa dan religi di Tuban ada 52 titik, dan harus antre mendapat hibah," tutupnya. [ali/ono]