BPN Beri Penyuluhan PTSL 2020 Ke Desa Rahayu

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Program Pemerintah Pusat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), tentang Penyuratan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 mendatang, mulai disosialisasikan ke beberapa wilayah desa. Seperti yang tampak pada aktivitas siang ini di Balai Desa Rahayu, Kecamatan Soko.

Lebih dari 50 warga Desa Rahayu yang berkumpul dalam forum tampak antusias, mendengar penyuluhan dari tim BPN Kantor Tuban terkait syarat dan regulasi program PTSL yang akan diselenggarakan tahun depan.

"Alhamdulillah, tahun depan Desa Rahayu akan mengikuti program PTSL. Target awal kita 1000 peserta dulu Mas," ucap Kepala Desa (Kades) Rahayu, Imam Lughuzali saat ditemui blokTuban.com usai penyuluhan PTSL 2020 di area balai desa setempat, Rabu (4/12/2019).

Pihaknya berharap, dengan adanya penyuluhan program serentak dari BPN ini masyarakat bisa lebih antusias serta dapat berpartisipasi secara baik dalam pelaksanaan PTSL tahun depan nanti.

"Semoga target kita bisa lebih. Kita maksimalkan program pemerintah yang ada untuk masyarakat," tandasnya.

Sementara itu dari tim penyuluh PTSL tahun 2020, mengaku mempersiapkan penyuluhan PTSL lebih awal. Dengan harapan, masyarakat bisa lebih mendapatkan wawasan terkait seluk belum administrasi dan pelaksanaan PTSL.

Hal tersebut senda dengan yang dipaparkan oleh Kasubag Tata Usaha BPN Kantor Tuban, Yudi A yang mengungkapkan jika sudah ada persiapan 5 desa yang akan mengikuti PTSL tahun 2020 mendatang.

"Ada beberapa yang sudah diukur melalui petugas ukur ASN. Desa yang sudah siap, menyiapkan calon peserta, seperti Desa di Kecamatan Parengan, Palang, Merakurak, juga Soko," bebernya. [feb/col]