EMCL dan Pemkab Gelar Wayang Kulit Lakon 'Parikesit Jumeneng Ratu'

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memeriahkan puncak Hari Jadi Tuban (HJT) ke-726, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bersama ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) menggelar pagelaran kesenian wayang kulit semalam suntuk di Alun-alun Kabupaten Tuban.
 
Pagelaran wayang kulit dengan menghadirkan Dalang muda kondang Ki Seno Nugroho dari Yogyakarta serta bintang tamu Elisha Orcarus Allaso tersebut mengambil Lakon 'Parikesit Jumeneng Ratu'.
 
Dalam sambutanya, Eksternal Affairs Manager EMCL Ikhwan Arifin menyampaikan, malam hari ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi EMCL selaku kontraktor Kerjasama Blok Cepu yaitu sebuah perusahaan Migas yang diberikan mandat oleh Pemerintah untuk mengelola Blok Cepu.
 
Hal itu dikarenakan, setiap perayaan Hari Jadi Tuban EMCL telah diberikan kesempatan untuk bisa ikut berpartisipasi dalam rangka Hari Jadi Tuban ke-726 dengan mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.
 
"Malam ini saya bersama teman-teman dari EMCL ikut bergembira bersama seluruh warga Kabupaten Tuban, yang mana bisa berpartisipasi dalam rangka Hari Jadi Tuban ke-726," terang Ikhwan Arifin, Selasa (2/11/2019) malam.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan EMCL selaku kontrak Kerjasama Blok Cepu tentunya tidak asing ditelinga masyarakat Tuban. Pasalnya, meski pengelolaan lapangan minyak berada di Kabupaten Bojonegoro namun hasil minyak tersebut dialirkan melalui pipa yang melintas disebagian wilayah Tuban.
 
"Ada sekitar 30 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Tuban yang dilalui oleh jalur pipa minyak. Sehingga kami sudah cukup akrab dengan warga Tuban terutama di wilayah yang dilewati jalur pipa," imbuh Ikhwan.
 
Menurutnya, pagelaran seni wayang kulit ini merupakan bentuk kontribusi dari EMCL kepada masyarakat di wilayah kegiatan operasi. Yang mana kontribusi tersebut diwujudkan dengan program pengembangan masyarakat seperti halnya pagelaran wayang kulit ini.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Tuban H. Noor Nahar Hussein mengatakan, jika pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini merupakan puncak dari rangkaian Hari Jadi Tuban ke-726.
 
Wabup menyampaikan banyak terima kasih kepada EMCL yang mana setiap tahun selalu ikut berpartisipasi dan berkontribusi menghibur masyarakat Tuban dengan mengadakan pagelaran wayang kulit.
 
"Setiap tahun EMCL selalu berkontribusi dalam Hari Jadi Tuban melalui pagelaran wayang kulit. Kami sampaikan banyak terima kasih," ujar Wabup.
 
Menurut Wabup, pagelaran wayang kulit ini merupakan pagelaran selain tontonan atau hiburan juga sebagai tuntunan masyarakat, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur bangsa terutama masyarakat jawa.
 
Sekadar diketahui dalam acara tersebut Pemkab Tuban juga menyerahkan penghargaan kepada peserta parade tonglek. Pantauan blokTuban.com, hadir juga dalam acara itu Forkopimda, OPD di lingkungan Pemkab Tuban, Forkopimcam serta Kepala Desa di Kabupaten Tuban.[hud/dy]