Jalur Kereta Api Tuban-Bojonegoro Dibuka, Begini Penjelasan Menhub

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com- Kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Tuban sangat tinggi. Setelah deal ada jalan tol Demak Surabaya, juga ada rencana pembukaan jalur kereta api Tuban-Bojonegoro.

Kepada reporter blokTuban.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sementara kementriannya baru menyetujui sampai Bojonegoro.

Ada juga jalur khusus dari Bojonegoro ke Surabaya. Kurang lebih jarak tempuh 1jam.

“Untuk jalur kereta Tuban-Bojonegoro nanti kita pikirkah lah,” terang Menhub Budi di sela kunjungannya restorasi garis pantai 20 hektare di Kecamatan Jenu, Sabtu (30/11/2019).

Seiring dengan suksesnya proyek kilang minyak, alumnus UGM ini menyindir jika uang Pemkab Tuban banyak. Sangat mudah untuk membuatnya.

“Gampang membuat jalur sepanjang 60 Kilometer,” terangnya.

Selama ini Kabupaten Tuban dan Bojonegoro yang dipisahkan Sungai Bengawan Solo hanya bisa ditempuh jalur darat. Rata-rata perjalanan dari pusat kota bisa memakan waktu 1 sampai 1,5 jam dengan rata-rata kecepatan 70 Km.

Masyarakat Tuban sendiri sangat menanti dibukanya jalur kereta api. Jalur trasnportasi tambahan ini tentu akan berdampak pada meningkatnya pola hidup dan ekonomi daerah. [ali/ito]